CARA MEMBUAT PASTA BELUT. DIJAMIN BELUT PASTI SUKA!!

Saat ini budidaya belut merupakan budidaya yang paling banyak digandrungi oleh masyrakat, hal ini dikarenakan nilai ekonomisnya cukup stabil dan manfaatnya sangat baik bagi kesehatan.
 
Salah satu kunci keberhasilan budidaya belut ialah "pemberian pakan". Pemberian pakan yang baik dapat mempercepat pertumbuhan belut dan tentunya mempercepat masa panen.

Sebenarnya belut merupakan ikan yang sangat rakus, apabila lingkungan budidayanya sudah sesuai dengan habitat aslinya, tetapi jikalau lingkungan tempat budidaya belut tidak sesuai dengan habitat aslinya atau belut masih kurang nyaman maka dapat dipastikan belut tidak mau makan.

 Ada banyak pakan yang dapat kita berikan pada belut, tetapi pada artikel ini saya khusus memberikan tips membuat pasta belut.

APA ITU PASTA BELUT?

 
Pasta belut merupakan bahan pakan alternatif yang dibuat dari berbagai sumber bahan makanan dengan tujuan mengurangi biaya pakan, selain itu pasta memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan belut budidaya.

Langsung saja ya ke TKP

Siapkan bahan-bahan :

1. Ikan asin/ ikan rucah-rucah/ Udang/ Bekicot/ Cacing lumricus (pilih sesuai yang anda inginkan). Bisa dikombinasikan juga.
2. Pelet ikan 
3. Tepung tapioka
4. Kunyit dan Jahe
5. EM4 warna merah jambu (ping)

Alat :

1. Blender/ mesin penggiling
2. Baskom sebagai wadah

Cara Pembuatan:

Pada artikel ini saya ingin membuat 1 Kg pasta belut, jika anda ingin membuat lebih banyak sesuai kebutuhan tidak masalah.
Bahan membuat pasta belut ialah 800 gr bahan ikan dan 200 gr pelet.

Pertama, cuci bahan (ikan asin/ ikan rucah-rucah/ Udang/ Bekicot/cacing lumricus) sampai bersih lalu di haluskan dengan blender atau gilingan ikan.

Kedua, Pelet diberi air agar mudah lembek, lalu dicampur dengan adonan ikan tadi.
 
Ketiga, setelah kedua bahan tadi tercampur tambahkan dua sendok tepung tapioka sebagai perekatnya. Aduk semua sampai rata.

Keempat, Kunyit satu ons dan jahe satu ons dibersihkan lalu dihaluskan sampai berbentuk bubur lalu campurkan dengan bahan pertama tadi aduk semua sampai benar-benar merata. (Ini berguna sebagai perangsang nafsu makan.)

kelima, Campurkan 2 tutup botol Em4 kedalam adonan tadi masukkan air secukupnya. (jangan terlalu encer, usahakan adonan tetap padat dan menggumpal ketika dikepal). Pasta pun SIAP untuk diberikan pada belut.

Cara Pemberian:

Pasta dapat diberikan dengan cara mengepalnya, lalu diberikan didekat lubang persembunyian belut. 

Atau jika budidaya belut dengan air bersih pemberian dapat dilakukan dengan didekat pipa paralon / tempat persembunyian belut

Jika pasta masih bersisah dapat disimpan didalam lemari es untuk menjaga kualitas agar tetap bagus.

NB : Sebagian orang ada yang mengukus pasta dengan tujuan memberikan aroma yang khas. Anda dapat melakukannya juga jika tidak ingin repot



Bagaimana?? Tidak sulit bukan??
Selamat Berkreasi..
Salam..

2 Responses to "CARA MEMBUAT PASTA BELUT. DIJAMIN BELUT PASTI SUKA!!"

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!