MENGENAL JENIS-JENIS PELET BESERTA KANDUNGAN GIZI YANG BIASANYA DIBERIKAN PADA IKAN LELE MULAI DARI PEMBENIHAN SAMPAI PEMBESARAN

Talitakum Indonesia ~ MENGENAL JENIS-JENIS PELET YANG BIASA DIBERIKAN PADA IKAN MULAI DARI MASA BIBIT SAMPAI PADA TAHAP PEMBESARAN!! Pada dasarnya pelet merupakan pakan yang diberikan pada ikan untuk mencukupi asupan gizi, oleh karena itu pemberian pelet pada ikan tidaklah sembarang. Khusus bagi pembudidaya pemula terkadang masih bingung memberikan pakan pelet untuk ikan sesuai dengan ukuran dan umur.

Pelet merupakan pakan buatan yang biasanya diproduksi oleh pabrik, kompisis pelet terdiri dari berbagai macam tepung seperti; (tepung terigu, ikan, daging, dll) dedak halus, bekatul, bungkil kelapa dan berbagai macam vitamin tambahan.

Umumnya pelet terbagi kedalam dua jenis, yaitu terapung dan tenggelam. Kedua pelet ini memiliki kandungan protein yang berbeda-beda.


Jenis-Jenis Pelet Ikan

~Pelet Terapung~ 

Dari segi harga pelet terapung lebih mahal dibandingkan pelet tenggelam. Ukuran pelet terapung bervariasi mulai dari bentuk serbuk sampai dengan bentuk butiran.

Kandungan protein pada pelet terapung lebih besar bila dibandingkan jenis pelet tenggelam. Semakin tinggi kandungan protein pada pelet maka semakin tinggi juga harga nya, oleh karena itu pada umumnya peternak lele biasanya mengkombinasikan pemberian pakan pelet.

Biasanya pemberian pakan pelet pada lele disesuaikan dengan ukuran dan tahapan. Pada tahap awal (bibit) lele ukuran 5-6 biasanya diberikan pelet terapung sampai bibit lele tersebut berusia 2 bulan.

Pakan pelet yang diberikan pada tahapan bibit harus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi bila dibandingkan pada tahapan pembesaran. 

Hal ini dikarenakan bibit ikan membutuhkan asupan protein dalam jumlah banyak daripada ikan berukuran besar. Dengan kandungan protein yang lebih tinggi maka pertumbuhan benih lele akan lebih cepat berkembang.

~Pelet Tenggelam~ 

Kandunganprotein pada pelet tenggelam lebih kecil bila dibandingkan pelet terapung, itu sebabnya banyak peternak lele menggunakan pelet tenggelam pada saat ikan memasuki masa panen.

Pada saat memasuki masa panen biasanya peternak lele lebih konsen untuk meningkatkan bobot/berat ikan. Semakin besar ikan maka kadar protein yang diberikan akan semakin menurun.

Nah berikut ini saya akan coba bagikan informasi bagi sahabat-sahabat pemula yang baru merintis usaha terjun di dunia "perlelean" hahaaa

Biar tidak terjun bebas sahabat perlu mengetahui jenis-jenis pelet yang diberikan mulai dari bibit sampai pembesaran, sesuai dengan "kode" atau ukurannya.

#Jenis-Jenis Pakan Pelet Yang Biasa Diberikan Pada Bibit Ikan. 

~PF 800

PF yang dimaksud adalah bukan sebuah nama merek melainkan kode untuk menyebutkan besaran/ukuran diameter pelet tersebut.

PF 800 merupakan pelet dengan ukuran diameter 0.8 mm - 1 mm. Pelet ini biaa diberikan pada ikan berumur 30-45 hari atau dengan ukuran 2cm-3cm.

~ PF 1000

PF 1000 adalah ukuran pelet dengan diameter 1 mm - 2 mm, pada ikan berumur 45-60 hari atau ukuran 4 cm-7cm.


#Jenis-Jenis Pakan Pelet Yang Biasa Diberikan Pada Pembesaran Ikan 

~Pelet 781

781 merupakan nama merek dagang yang dikeluarkan oleh PT. Central Pangan Pratiwi. Pelet ini sangat umum dan hampir dijumpai disetiap toko pakan ternak. Umumnya ada 3 jenis pakan 781 yang dikenal yaitu 781-1, 781-2 dan 781-3.

Semakin besar angka, maka semakin besar diamter pelet tersebut. Biasanya pelet ini diberikan sesuai dengan masa petumbuhan ikan. 781-1 (diameter 2-2,3 mm) diberikan pada masa awal tebar, 781-2 (diameter 2,4-3 mm) diberikan pada saat masa pertumbuhan atau pertengahan, sedangkan 781-3 (diamter 3,2-4 mm) diberikan pada saat memasuki masa panen atau pada indukan lele.

~ Pelet LP

Lp merupakan merek dagang yang dikeluarkan oleh PT. Matahari Sakti. Biasanya pelet jenis LP digunakan setelah pemberian pelet jenis PF 1000.

Kandungan protein LP lebih tinggi bila dibandingkan pelet jenis PF 781. Bagi sebahagian petani berpendapat perbedaaan protein ini mempengaruhi pertumbuhan bibit ikan, namun ada juga yang tidak mempermasalahkan, karena itu tergantung tehknik management pakan yang baik.


Jenis-Jenis Pelet Beserta Kandungannya
Jenis-Jenis Pelet Beserta Kandungannya

Keterangan

Fat : Kadar Lemak

Fiber : Kadar Serat

Ash : Kadar Abu

Moisture : Kadar Air 

Sekedar Informasi kami UD Talitakum Indonesia Menjual Berbagai jenis pelet ikan sesuai dengan yang sahabat butuhkan. Alamat kami Jl. Lantasan Lama Patumbak - Talun Kenas, Sigara-gara, Deliserdang Sumatera Utara. 

HP/WA : 085262342852 FP : Talitakum Indonesia IG: UD Talitakum

Beberapa Sajian Artikel terbaik dari kami, Silahkan Dibaca Dulur-Dulur..!!

#Begini Cara Membuat Pathogen Probiotik Buat Bioflok 

#Inilah 3 Hama Penyebab Daun Cabe Keriting. 

#Kunci Suksess Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula!! 

#Tehknik Pembenihan dan Pemijahan Ikan Nila Mera 

#Budidaya Belut Air Bersih VS Lumpur. Kita Bedah Yang Mana Lebih Menguntungkan. 

#Cara Membuat Kompos Organik. Sangat Mudah Dan Praktis!!


Jika Sahabat Mau Berlangganan Artikel GRATIS, Silahkan subscribe dan masukkan alamat email. Kami akan kirimkan Artikel Berkualitas GRATIS melalui email sahabat.

Jangan Lupa Share biar semakin banyak teman-teman kita mengetahui nya.

8 Responses to "MENGENAL JENIS-JENIS PELET BESERTA KANDUNGAN GIZI YANG BIASANYA DIBERIKAN PADA IKAN LELE MULAI DARI PEMBENIHAN SAMPAI PEMBESARAN"

  1. Thanks infonya jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NJpsuG

    BalasHapus
  2. Makasih atas infonya yg sangat bermanfaat bagi saya karena baru menggeluti usaha lele untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  3. Bro mw tanya itu kandungan protein"y
    Perkarung 30% atau 30% perbutir pelet"y?
    Pelet 1-2mm/biji berapa persen kandungan protein"y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya perkilo nya itu mengandung 30% protein bg

      Hapus
  4. Gua masih bayi kok udah tertarik sama bisnis , why

    BalasHapus
  5. Mereknya peletnya apa om..dan brp harga.

    BalasHapus
  6. Trims atas ulasannya

    Nambah wawasan bwt milih pelet nya

    BalasHapus

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!