Tanaman Apa Saja Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai?? Baca Yuk Inilah Jenis Tanaman Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai

Talitakum Indonesia ~ Tanaman Apa Saja Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai?? Baca Yuk Inilah Jenis Tanaman Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai Ada yang belum tahu atau belum pernah lihat tanaman bonsai? Kalau ia, selamat berarti anda menemukan artikel yang tepat untuk dijadikan bahan referensi bacaan. Hehee

Seni membonsai atau mengerdilkan tanaman awal mulanya sangat populer di negara Tiongkok dan Jepang. Para biksu dari aliran Tao memperkenalkan bonsai, tujuan awalnya ialah sebagai media meditasi dan lebih mendekatkan diri ke alam. Bonsai sebagai pohon kerdil dianggap oleh para biksu sebagai perayaan alam, dan kekuatan dalam penyembuhan yang ditambah oleh lingkungan alam yang utuh. 

Bonsai merupakan salah satu seni menanam tanaman hias dalam pot dangkal. Kata bonsai berasal dari bahasa Jepang terdiri dari dua kata yaitu bon yang berarti pot dan sai yang berarti tanaman. Bonsai melambangkan keharmonisan alam semesta dimana unsur-unsur nya terdiri atas langit, bumi, dan manusia. Hal ini dapat tercermin dari bentuk bonsai yang terlihat seperti segitiga simetris sesuai dengan ketiga unsur tadi.

Di Indonesia bonsai sering digunakan sebagai tanaman penghias taman atau ruangan dengan tujuan mendapatkan kesan eksotis pada taman dan ruangan tersebut.

Tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai, ada beberapa kriteria khusus tanaman yang dapat dijadikan bonsai antara lain adalah : 

1. Tanaman Harus Memiliki Umur Panjang. Semakin tua tanaman maka akan semakin terlihat eksotis dan pasti harganya juga akan semakin mahal. 

2. Memiliki Bentuk Yang Indah. Semakin indah tanaman maka akan semakin terlihat eksotis dan menawan mulai dari akar, batang, daun, dan buah.

3. Tanaman yang Tidak Rewel dan Tahan Mendapatkan Perlakuan Khusus. Teknik membonsai atau mengerdilkan tanaman ialah dengan cara menekan laju pertumbuhan tanaman dengan menggunakan kawat, tidak semua tanaman dapat diberi perlakuan khusus ada juga yang langsung mati.

4. Tanaman yang berkeping dua. Umumnya tanaman bonsai ialah tanaman yang memiliki kayu yang keras dan berkambium. 

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman hias yang memenuhi kriteria untuk dijadikan bonsai beserta dengan gambarnya.

1. Bonsai Pinus 

Tanaman ini mudah dikenali dan banyak tumbuh di Indonesia khusunya pada dataran tinggi seperti daerah-daerah pegunungan yang memiliki hawa sejuk. 

Sumber Gambar : http://www.bindu.ru

Pinus memiliki batang yang kokoh dan dapat tumbuh mencapai ketinggian 20 meter lebih, namun jika dijadikan bonsai tanaman ini akan terlihat sangat cantik dan eksotis. Jika tanaman bonsai pinus diletakan di halaman taman rumah maka akan menambah keindahan taman dan kesan menawan pada rumah anda.

2. Bonsai Beringin 

Pohon beringin terkenal dengan daun daun yang lebat, beserta batang yang kokoh dan besar. Tanaman ini diyakini mampu hidup hingga ratusan tahun lamanya.

Sumber Gambar http://seputar-tanaman.blogspot.co.id

Meski memiliki batang yang keras namun jangan salah batang pohon beringin mudah dibentuk . Semakin lebat daun yang tumbuh pada tanaman beringin maka akan semakin menambah kesan eksotis yang ditimbulkan.

Ada beberapa jenis tanaman beringin yang dapat dijadikan bonsai, diantaranya ialah beringin karet dan beringin filipina.

3. Bonsai Bunga Kertas Atau Bougenville 

Tanaman kertas hampir sering kita jumpai di setiap toko bunga, bahkan hampir semua ibu-ibu pencinta tanaman hias memiliki bunga kertas sebagai salahs atu tanaman hias mereka. Kelebihan bunga kertas ialah dapat disilangkan dengan berbagai jenis, jadi pada satu pohon kertas sering ditemui dua bahkan tiga jenis tanaman kerta yang berbeda warna.

Bonsau Bunga Kertas
Sumber Gambar http://dunia-tanamanhias.blogspot.co.id

Keunggulan bonsai bunga kertas ialah terletak pada daun yang rimbun  dan warna daun yang cerah. Semakin rimbun daun maka akan semakin cantik pula tanaman bonsai bunga kertas.

4. Bonsai Pohon Cemara 

Cemara idientik dengan pohon natal, bagi umat kristiani salah satu hal tanaman yang paling disukai ialah pohon cemara dikarenakan akan tiba saatnya perayaan tahunan yaitu menghias pohon natal.

Ternyata cemara tidak susah dijadikan bonsai dan pohon ini termasuk salah satu jenis bakalan tanaman yang baik untuk dijadikan bonsai. 

Jenis bonsai cemara bahkan menjadi salah satu bonsai terbaik dan paling sering dijadikan pameran tanaman hias, para pencinta tanaman bonsai sangat banyak memburu jenis tanaman ini hingga dikhawatirkan tanaman cemara akan punah di habitat aslinya.

Jenis Bonsai Cemara Udang
Sumber Gambar https://flowerian.com

Ada beberapa jenis tanaman cemara yang dapat dijadikan bonsai diantaranya adalah : cemara udang, cemara buaya, cemara papua, dan cemara duri.

5. Bonsai Pohon Kelapa 

Salah satu jenis pohon yang banyak dijadikan bonsai di Indonesia ialah kelapa alasannya tidak terlalu sulit membonsai jenis tanaman ini, selain itu pohon kepala banyak dan mudah dijumpai di Indonesia, namun perlu kesabaran dalam membonsai pohon kelapa karena pertumbuhannya yang terbilang cukup lambat.

Sumber gambar http://surti91tejo8.blogspot.co.id

Jenis-jenis kelapa yang paling sering dijadikan bonsai antara lain adalah kelapa gading, kelapa susu, dan kelapa gading merah.


6. Bonsai Pohon Kamboja Atau Adenium 

Bunga kamboja dikenal memiliki harum yang khas, tanaman ini sangat cocok dijadikan bonsai dan diletakan dalam ruangan karena memiliki akar, bonggol yang besar dan keindahan bunga yang menawan.

Bonsai Kamboja Jepang
Sumber gambar https://berbungakamboja.blogspot.co.id

Selain dijadikan aroma terapi, bonsai kamboja juga memberikan sentuhan keindahan pada suatu ruangan. Sangat cocok diletakan diruang tamu atau ruang kerja, karena sekali melihat keindahan tanaman bonsai ini maka penat/stress juga ikut hilang.

Keunggulan lain dari jenis tanamn bonsai adenium adalah mudah dikembangkan, karena dapat hidup apada berbagai media tanam seperti pasir, kompos dan tanah, selain itu keindahan akar dan batang menambah daya tarik bonsai adenium.

7. Bonsai Murbei 

Tanaman murbei dikenal dengan buah yang menyerupai anggur. Tanaman ini cukup banyak dijumpai di Indonesia daun tanaman ini sering dijadikan sebagai pakan ulat sutera.

Indahnya Bonsai Murbei
Sumber gambar https://es.aliexpress.com

Jenis tanaman murbei tidak sulit dijadikan bonsai, mudah tumbuh, namun kekurangannya tanaman ini rentan terserang hama ulat sutera. Kelebihan bonsai murbei salah satunya ialah harga jual nya yang lumayan tinggi.

8. Bonsai Bunga Melati 

Tidak hanya bunga kamboja, bunga melati juga sudah banyak dikembangkan menjadi bonsai, keindahan bunga melati sangat cocok ditempatkan di dalam ruangan.

Sumber gambar http://budidayabonsai.com

Kesan bersih dan harum menjadi kelebihan bonsai bunga melati. Benar saja sekali melihat bonsai tanam ini maka fikiran pun menjadi tenang dan damai.

9. Bonsai Asam Jawa 

Sumber gambar http://www.cherewed.com

Tidak hanya asam Belanda, jenis tanaman asam Jawa juga sudah banyak dijadikan bonsai. Asam jawa juga menjadi salah satu jenis bonsai yang paling banyak digemari karena tanaman ini memiliki struktur batang kayu yang cukup besar dan kuat. Selain itu jenis tanaman ini tidak sulit dijadikan bonsai karena termasuk tanaman yang mudah dibentuk dan tidak mudah patah.

10. Bonsai Pohon Jeruk 

Jika kamu tertarik membonsai tanaman jeruk pilihlah jenis tanaman jeruk dari keluarga pohon bukan semak. Berikut ini beberapa jenis tanaman jeruk yang cocok dijadikan bonsai, yaitu jeruk bali, jeruk keprok, dan jeruk kingkit.



Kelebihan dari bonsai jeruk ialah terletak pada keindahan perpaduan antara batang, daun dan buah yang menawan. Bonsai jeruk sangat cocok diletakan diruang tamu karena akan menjadikan ruangan tersebut lebih menarik.

Kelebihan lainnya tidak sulit menjadikan jenis tanaman jeruk menjadi bonsai, selain itu jenis bonsai ini memiliki estetika yang cukup tinggi.

11. Bonsai Pohon Sawo 

Belum banyak memang yang menajdikan pohon sawo sebagai tanaman bonsai. Umumnya tanaman ini diambil buah nya saja, namun siapa sangka tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Jika dilihat tanaman ini terkesan biasa-biasa saja, namun jika dijadikan bonsai ternyata tanaman sawo memiliki estetika yang cukup tinggi dan menarik.

Sumber gambar https://ko.aliexpress.com

Dari segi karakter tanaman juga memenuhi kriteria untuk dijadikan bonsai. Perpaduan buah, batang dan daun menambah keindahan bonsai tanaman sawo.

Demikianlah seputar informasi menegnai jenis-jenis tanaman hias yang paling sering dijadikan bonsai. Semoga bermanfaat menambah wawasan sahabat sekalian...

Sebelum kabur, jangan lupa dibaca beberapa sajian artikel menarik lainnya dari kami..  

~ Limbah Baglog Jamur Tidak Terpakai?? Begini Cara Mengolahnya Agar Lebih Bermanfaat. 

~ Dari 7 Jenis-Jenis Ikan Gurame Ini. Gurame Mana Yang Ingin Kamu Budidayakan?? 

~ Kunci Suksess Budidaya Bawal Bagi Pemula!! 

~ Praktisss!! Budidaya Belut Menggunakan Air Bersih. 

~ Ternyata Dengan Modal Kecil Budidaya Cacing Sutera Mampu Meraup Keuntungan Jutaan Rupiah Loh. Mau Tahu Caranya?? 

~ Pembudidaya Ulat Jerman Harus Hati-Hati Karena Hama Ini Dapat Menyebabkan Kematian Bahkan Gagal Panen. 

Terimakasih Sudah Berkunjung Sahabat :)

Mau Berlangganana Artikel Gratis? Sahabat Tinggal Subscribe dan Masukkan Alamat Email, Kami Akan Kirim Artikel Lainnya.

Jika Informasi Ini Bermanfaat, Bantu Saya Share Sebanyak-Banyak nya Ya Sahabat..

0 Response to "Tanaman Apa Saja Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai?? Baca Yuk Inilah Jenis Tanaman Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai"

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!