INILAH 9 JENIS SAPI POTONG UNGGULAN YANG PALING SERING DITERNAKAN DI INDONESIA || KITA INTIP YUK BERAPA TAKSIRAN HARGA NYA!

INILAH 9 JENIS SAPI POTONG UNGGULAN YANG PALING SERING DITERNAKAN DI INDONESIA || KITA INTIP YUK BERAPA TAKSIRAN HARGA NYA! Beternak sapi potong merupakan lahan bisnis yang terbilang sangat menjanjikan. Mengapa demikian?? Sahabat boleh bayangkan berapa harga sapi per ekor nya? Puluhan juta bahkan hingga ratusan juta tergantung dari jenis dan bobot nya. Wooooww Sangat besar bukan?

Belum lagi kebutuhan konsumsi akan daging sapi di Indonesia yang kian terus meningkat setiap tahunnya. Itu sebabnya bisnis ini sangat diminati.

Namun untuk memulai bisnis ini memerlukan modal yang terbilang cukup besar ya sebandinglah dengan pemasukkan yang didapat.

Jika sahabat ingin memulai bisnis sapi potong ada baiknya sahabat perlu mengetahui jenis-jenis sapi potong yang dibudidayakan di Indonesia. Semoga beberapa penjelasan ini membantu sahabat dalam mennetukan jenis sapi apa yang akan dibudidayakan.

Berikut ini adalah 5 jenis sapi potong yang paling sering dibudidayakan di Indonesia.

1. Sapi Limousin 

Sapi limousin merupakan jenis sapi potong atau pedaging yang berasal dari Eropa tepatnya dari Perancis. Sapi ini merupakan sapi pedaging dengan ukuran yang sangat besar dan memiliki volume rumen yang sangat besar sehingga pertumbuhan sapi limousin sangat cepat dan hal ini merupakan salah satu keunggulan dari sapi limousin.

Per harinya sapi limousin mampu bertumbuh sekitar 1.1 kg. Bobot sapi limousin jantan dewasa mampu mencapai 1100 Kg dan betina dewasa 500 kg.



Kisaran harga sapi limousin berbeda sesuai dengan ukuran dan bobot nya:

Untuk sapi bakalan dihargai Rp. 8 juta-10 Juta/ekor
Sapi berumur 5-6 bulan 10 juta-14 juta/ekor
Sapi berumur 6-8 bulan 15 juta/ekor
Sapi berumur 1-2 tahun 20juta-25 juta/ekor

#Karateristik Sapi Limousin biar sahabat semakin paham.

1. Tinggi mampu mencapai 1.5 m

2. Warna bervariasi namun umumnya berwarna coklat muda sampai merah keemasan

4. Bentuk tubuh panjang besar dan padat

#Keunggulan Sapi Limousin

1. Pertumbuhan sangat cepat 1.1 kg/ hari nya. Tentunya harus diimbangi dengan pakan/konsentrat yang memadai.

2. Berat jantan mampu mencapai 1100 Kg

3. Cocok dibudidayakan dengan iklim yang tropis

*Harga disesuaikan dengan daerah masing-masing 

2. Sapi Brahman 

Sapi brahman merupakan sapi yang berasal dari India. Sapi jenis ini merupakan sapi potong terbaik yang rekomendid untuk dikembangkan dikarenakan kualitasnya lebih baik bila dibandingkan dengan sapi lokal.



Pertumbuhan sapi brahman sekitar 0.8 kg/ hari nya. Berat sapi jantan dewasa mampu mencapai 800 kg sedangkan betina sekitar 500 kg.

#Kateristik Sapi Brahman 

~ Sapi Brahman memiliki warna putih keabu-abuan dan sedikit warna kemerahan

~ Bagian tubuh atas terdapat punuk besar

~ Memiliki tinggi badan sekitar 0.5 m - 1 m

~ Terdapat tanduk namun ukurannya sangat kecil

~ Terapat gelambir kulit dan ujung dada bagian depan

~ Bentuk kepala panjang telinga besar dan menggantung.

#Keunggulan Sapi Brahman 

~ Tahan terhadap suhu yang cukup panas dan sangat cocok dikembangkan pada iklim tropis.

~ Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

~ Memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik dan tahan terhadap endopaasit atau ekoparasit

~ Kualitas daging yang cukup baik

~ Pertumbuhan relatif cepat dan tidak sulit dibudidayakan

#Kisaran harga sapi Brahman 

Harga disesuaikan dengan bobot dan ukurannya. 
Untuk sapi bakalan sekitar 7 juta-8juta/ekor nya
Untuk sapi dewasa 19 juta-22 juta/ ekor nya

3. Sapi Angus 

Sapi angus berasal dari daratan eropa tepatnya dari Inggris dan Skotlandia. Sapi angus memiliki kualitas daging yang sangat baik dapat dikatakan kualitas daging sapi ini merupakan daging sapi unggulan karena memiliki kandungan lemak yang sangat sedikit serta memiliki serat yang padat.



Sapi angus sering dijadikan penelitian sebagai indukan untuk perkawinan silang agar menghasilkan anakan dengan kualitas daging yang baik.

#Karakteristik Sapi Angus 

~ Warnanya hitam itu sebabnya dalam bahasa diberi nama angus yang berarti gosong.

~ Tidak memiliki punuk di pundak dan tidak memiliki tanduk.

~ Badan panjang kekar dan terlihat padat. Berat pejantan dewasa dapat mencapai hingga 900 Kg, sedangkan betina 600-700 kg.

#Kisaran Harga Sapi Angus 

Kisaran harga sapi anggus dibedakan sesuai dengan ukuran dan bobot nya. Untuk sapi bakalan biasanya ditaksir sekitar 7 juta - 8 juta, sedangkan untuk sapi dewasa berumur 1-2 tahun ditaksir 19 juta - 22 juta.

4. Sapi Brangus 

Brangus adalah jenis sapi hasil persilangan antara sapi jenis betina Brahman dan pejantan Angus. Kedua sapi ini disilangkan dengan tujuan mendapatkan kualitas daging yang lebih baik lagi. 



Seperti yang diketahui sapi Brahman memiliki daya tahan tubuh yang sangat bagus karena tahan terhadap beberapa jenis penyakit, sedangkan sapi Angus terkenal dengan kualitas daging potong yang sangat baik.

#Karakteristik dan Keunggulan Sapi Brangus 

Tidak banyak perbedaan mencolok antara sapi Brangus dan Angus. Dari segi warna sama-sama berwarna hitam, namun sapi Brangus memiliki tanduk kecil.

Sapi Brangus Jantan dapat mencapai berat hingga 1800 Kg dan betina 1200 kg. Kualitas daging Brangus sangat baik sama halnya dengan indukannya. Selain itu sapi ini memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat dan mampu menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan baru sehingga sapi Brangus tidak rentan terhadap virus atau penyakit.

#Kisaran Harga Sapi Brangus 


Kisaran harga sapi Brangus dibedakan sesuai dengan ukuran dan bobot nya. Untuk sapi bakalan biasanya ditaksir sekitar 7 juta - 8 juta, sedangkan untuk sapi dewasa berumur 1-2 tahun ditaksir 19 juta - 22 juta.

5. Sapi Ongole 

Sapi ongole merupakan jenis sapi berpunuk dan berasal dari India. Jenis sapi ini terkenal dan banyak dikembangkan di pulau sumba, itu sebabnya banyak orang menyebutnya SO atau Sumba Ongole.



Sapi ongole juga termasuk kedalam jenis sapi pekerja. Dengan punuk yang besar sapi ini sering dijadikan untuk membajak sawah dan mengangkat beban berat.

#Karakteristik dan Keunggulan Sapi Ongole 

~ Sapi ongole mudah untuk diternakan, dikarenakan sapi ini mampu berkembang dengan baik walaupun kualitas pakan tidak begitu baik.

~ Umumnya sapi ongole berwarna putih hingga putih abu-abu dan memiliki tanduk.

~ Ciri khas sapi ongole memiliki ciri khas yang ditandai dengan punuk yang cukup besar serta bergelambir. 

~ Bentuk telinga panjang dan menggelantung.

~ Sapi dewasa jantan mampu mencapai tinggi 150 cm dengan berat 600 kg, sedangkan sapi betina tinggi mencapai 135 cm dengan berat 450 kg.

~ Sapi ongole betina sudah dapat dikawinkan pada umur 18 bulan dan akan melahirkan anak pertama pada umur 30 bulan, sedangkan sapi pejantan dapat dikawinkan pada umur 30-36 bulan.

#Kisaran Harga Sapi Ongole 

Kisaran harga sapi onggole bakalan antara 6 juta - 7 juta dan untuk sapi dewasa 12 juta - 16 juta.

6. Sapi Peranakan Ongole (PO) 

Sapi PO disebut juga peranakan ongole yang berasal dari persilangan antara sapi jantan ongole atau SO dan sapi betina jawa berwarna putih.


Sapi ini banyak tersebar di pulau jawa dan lebih terkonsentrasi di Jawah Tengah. 

#Karakteristik dan Kelebihan Sapi PO 

~ Memiliki punuk yang besar. Punuk ini sudah ada sejak lahir dan akan membesar seiring bertambahnya bobot sapi PO.

~ Berat anakan sapi PO normal 20-25 kg namun mampu mencapai 28 kg. Bobot sapi jantan dewasa dapat mencapai 800 kg dan betina 600 kg.

~ Leher panjang dan bergelambir.

~ Kualitas karkas cukup baik antara hingga 55%

~ Aktivitas reproduksi indukan cukup cepat dan dapat kembali dengan normal setelah beranak.

~ Tahan terhadap cuaca panas dan beberapa jenis parasit.

Walaupun sapi jenis PO dan SO masih kalah terkenal dengan jenis sapi potong lainnya seperti Limousin, Brahmana dan Brangus namun sapi ini tetap menjadi primadona bagi peternak Indonesia.

#Kisaran Harga Sapi PO 

Kisaran sapi PO disesuaikan dengan ukuran dan bobotnya. Untuk sapi bakalan ditaksir antara 6.5 juta - 7.5 juta dan untuk sapi dewasa ditaksir 12.5 juta dan 16.5 juta.

7. Sapi Bali 


Ciri khas dari sapi bali adalah warna putih pada kaki nya. Selain diambil dagingnya sapi bali juga ternyata merupakan jenis sapi pekerja. Sapi bali juga termasuk dari keturunan sapi liar itu sebabnya sapi bali memiliki tenaga dan daya tahan tubuh yang cukup besar.

#Karakteristik dan Keunggulan Sapi Bali 

~ Sapi bali merupakan jenis sapi potong andalan Indonesia. Kualitas daging karkasnya sangat baik berkisar antara 50-57 %. Sapi bali memiliki lemak yang sedikit bila dibandingkan daging atau serat.

~ Sapi bali juga mudah diternakan dikarenakan jinak dan tahan terhadap cuaca panas.

~ Sapi bali dapat berkembang biak dengan baik meskipun kualitas pakan atau rumput tidak terlalu baik.

~ Sapi bali juga dapat bertahan dan beradaptasi dengan sangat cepat pada lingkungan baru nya.

~ Dari segi reproduksi sapi bali termasuk jenis sapi yang subur. Sapi bali dapat melahirkan kembali selang 1 tahun dari waktu melahirkan pertama.

~ Sapi ini juga dapat bertumbuh hingga 0.8 kg/ hari tentunya ini dapat terwujud dengan pemberian konsentrat yang cukup baik.

~ Pada umur 1.5 tahun bobot sapi bali mampu mencapai 217 kg.

#Kisaran Harga Sapi Bali 

Kisaran harga sapi bali disesuaikan dengan ukuran dan bobotnya. Untuk sapi bakalan ditaksir 6.5 juta dan untuk sapi dewasa ditaksir 12.5 juta dan 16.5 juta.

8. Sapi Madura 

Sapi Madura merupakan jenis sapi potong lokal hasil persilangan dari sapi bali dan sapi zebu (berpunuk sendiri). Sapi madura merupakan jenis sapi potong berukuran kecil bila dibandingkan jenis-jenis sapi yang telah saya sebutkan diatas.



Pertumbuhan berat badan sapi madura 0.5-0.8 kg/hari masih jauh lebih kecil dibanding sapi potong jenis ongole. Sapi madura juga banyak digunakan sebagai hewan "pembantu" petani dalam membajak sawah dan sering dipertontonkan pada acara karapan sapi.

#Karakteristik dan Kelebihan Sapi Madura 

~ Persentasi daging karkas madura cukup tinggi mampu mencapai 60%.

~ Berat jantan dewasa mencapai 500 kg dan betina 300 kg

~ Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan tahan terhadap penyakit caplak.

~ Memiliki tanduk dan berwarna keputihan pada bagian kaki belakang, moncong dan mata.

~ Kualitas daging karkas sangat baik dan rendah lemak.

# Kisaran Harga Sapi Madura 

Harga sapi disesuaikan dengan bobot dan ukuran. Untuk harga sapi bakalan ditaksir sekitar 4.5 juta - 5.5 juta, sedangkan untuk sapi dewasa bobot 250-300 kg 6.5 juta - 9 juta.

9. Sapi Aceh 

Sapi aceh merupakan hasil persilangan jenis sapi bos sundaicus dan jenis sapi zebu dengan ciri berpunuk dan bergelambir. Sapi aceh dikenal dengan daya tahan tubuh yang cukup kuat kaena mampu bertahan pada cuaca yang panas dan dapat berkembang dengan baik meskipun kualitas pakan yang diberikan buruk.



Sapi aceh juga memiliki produktivitas yang cukup tinggi dan mudah untuk diternakan.

#Karakteristik dan Keunggulan Sapi Aceh 

~ Pada umumnya berwarna merah bata dan memiliki punuk pada pundak.

~ Kuping dan daung telinga tidak jatuh, tidak besar dan agak runcing.

~ Tanduk mengarah keatas

~ Prokdi karkas cukup tinggi mencapai 50% berat badan

~ Memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat dan relatif tahan terhadap penyakit/virus/parasit endemik

#Kisaran Harga Sapi Aceh 


Harga sapi disesuaikan dengan bobot dan ukuran. Untuk harga sapi bakalan ditaksir sekitar 4.5 juta - 5.5 juta, sedangkan untuk sapi dewasa bobot 250-300 kg 6.5 juta - 9 juta.

Demikianlah seputar informasi mengenai 9 JENIS SAPI POTONG YANG PALING SERING DIBUDIDAYAKAN DI INDONESIA || KITA INTIP YUK BERAPA TAKSIRAN HARGA NYA! yang dapat saya bagikan bagi sahabat-sahabat Talitakum sekalian. Semoga Bermanfaat..

Sebelum sahabat pergi meninggalkan tulisan ini silahkan dibaca beberapa sajian artikel terbaik dari kami : 

~ 6 Penyakit Yang Paling Sering Dijumpai Pada Sapi. Kenali Gejala dan Pengendaliannya. 

~ Faktor Penyebab Turunya Kualitas dan Produktivitas Ayam. Semoga Tips dari Beberapa Peternak Ini dapat membantu Anda. 

~ Asalkan Anda Tahu Begini Cara Membuat Pakan Alternatif Dari Ampas Tahu Yang Difermentasikan. 

~ Berbagai Macam Jenis Pakan Ayam Yang Sering Diberikan Mulai Dari DOC sampai Finisher. 

~ Cara Membuat Pakan Pelet Sebagai Salah Satu Solusi Menekan Harga Pakan Yang Kian Melonjak Tinggi. 

~ Ramuan Herbal Organik Penambah Daya Tahan Tubuh Hewan Unggas Anda! 

~ Kiat Suksess Beternak Burung Puyuh Bagi Pemula! 

~ Cara Budidaya Belut Menggunakan Air Bersih

Terimakasih Sudah Berkunjung Sahabat.

Jika Ingin Berlangganan Artikel sahabat silahkan subscribe dan masukkan alamat email. Saya Akan kirim artikel GRATIS!! 

Jika Artikel ini Berguna, Bantu Saya Share ke Teman-Teman Lainnya. Terimakasih :)

1 Response to "INILAH 9 JENIS SAPI POTONG UNGGULAN YANG PALING SERING DITERNAKAN DI INDONESIA || KITA INTIP YUK BERAPA TAKSIRAN HARGA NYA!"

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!