Dari 7 Jenis-Jenis Ikan Gurame Ini. Gurame Mana Yang Ingin Kamu Budidayakan??

Talitakum Indonesia ~ Dari 7 Jenis-Jenis Ikan Gurame Ini. Gurame Mana Yang Ingin Kamu Budidayakan?? Budidaya ikan gurame memang sangat menyenangkan, walaupun prosesnya cukup lama namun harga di pasaran selalu stabil bahkan permintaan pasar tidak pernah sepi.

Jika sahabat ingin menekuni budidaya ikan gurame untuk dijadikan pemasukan utama atau sampingan sebaiknya perlu mengetahui sedikit jenis-jenis ikan gurame apa saja yang paling sering dibudidayakan, tujuannya agar sahabat tahu jenis gurame apa yang paling bagus untuk dijadikan peluang usaha bisnis yang menjanjikan.

Sebelumnya saya sudah pernah mebagikan sebuah artikel berjudul "cara membudidayakan ikan gurame" nah kurang lengkap rasanya jika sahabat belum mengetahui jenis-jenis gurame yang paling sering dibudidayakan untuk tujuan bisnis.

Berikut ini adalah 7 Gurame Yang Paling Sering Dibudidayakan. 

1. Gurame Soang atau Gurame Angsa 

Soang dalam bahasa Sunda memiliki arti Agsa, jadi tidak heran gurame angsa diyakini berasal dari Indonesia tepatnya dari Provinsi Jawa Barat.

Gurame jenis ini merupakan gurame paling populer di Indonesia bila dibanding jenis-jenis gurame lainnya. Bahkan gurame soang paling sering kita jumpai di pasaran dan berbagai restoran atau rumah makan.

Alasan mengapa gurame soang menjadi primadona karena memiliki kelebihan seperti ukuran tubuh yang cukup besar, bahkan mampu mencapai 8 kg. Pertumbuhan gurmae soang juga cukup cepat 700 gram - 1.2 kg/tahunnya.

Bentuk gurame soang pipih ke samping dan sedikit memanjang, panjangnya dapat mencapai 65 cm, sisik badan sedikit membulat dan ukurannya besar warnanya kecoklatan dengan bintik-bintik hitam pada dasar sirip dada.


Tonjolan pada dahi menjadikan gurame soang mudah dikenali, karena pada gurame jenis lain tidak terdapat tonjolan pada dahi.

Gurame soang juga sangat rakus dan gesit sehingga tidak mudah terserang penyakit. Produktitas telur gurame soang terbilang cukup tinggi, sekali memijah gurame soang mampu menghasilkan telur 5000 - 7000 butir/ekor. Untuk indukan gurame yang baik biasanya pada usia 3-5 tahun.

2. Gurame Jepang atau Jepun 

Meskipun tidak seterkenal gurame soang popularitas gurame jepun sudah lama dikenal di Indonesia, jenis gurame ini sangat familiar di Jawa Tengah tepatnya di kab Probolinggo.

Gurame jepun memiliki panjang tubuh maksimal 45 cm dengan berat badan 3-4 kg/ekornya. Ciri khas yang bisa kita lihat pada gurame jepun adalah warna hitam pekat pada bagian atas tubuhnya, sisik putih dengan garis gelap pada bagian perut. 


Sekali memijah produktivitas telur gurame jepun mampu mencapai 2000-3000 butir/ekornya.

3. Gurame Porselin 

Satu lagi jenis gurami yang sangat bagus dijadikan peluang usaha ialah jenis gurame porselin. Gurame ini memiliki ciri warna merah muda atau keperakan, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih, ukuran kepala relatif kecil dibanding ukuran tubuhnya.


Sekali pemijahan gurame porselen mampu menghasilkan 8000 - 10.000 butir telur/ekor. Jumlah yang sangat banyak dibandingkan dengan gurame jenis lainnya. Itu juga yang menjadi alasan gurame jenis porselen sangat baik dijadikan bisnis pembibitan.

Pertumbuhan gurame porselen juga terbilang cukup cepat dan berat rata-rata gurame ini berkisar 1.5 kg - 2 kg/ ekor.

4. Gurame Kapas 

Jenis ikan ini memiliki warna putih keperakan hampir mirip dengan warna kapas. Ukuran sisik lebih lebar dibanding jenis gurame lainnya dan sedikit lebih keras.


Pertumbuhan gurame kapas juga terbilang cukup cepat, namun diantara semua jenis gurame jenis gurame kapas lah yang memiliki bobot paling ringan yaitu berat maksimal hanya 1.5 kg.

Sekali memijah produktivitas gurame kapas hanya mampu menghasilkan sekitar 3000 butir telur/ekor.

5. Gurame Bastar 

Gurame bastar memiliki warna abu-abu kehitaman namun pada bagian kepala berwarna putih. Jenis gurami bastar sering dikenal dengan gurami pedaging karena ukurannya yang besar dan laju pertumbuhan yang cepat.


Jenis gurame bastar tidak kalah terkenalnya dengan gurame soang. Gurame bastar juga merupakan salah satu gurame primadona dikalangan pembudidaya ikan gurame.

Bobot gurame bastar mampu mencapai 6 kg-9 kg/ekor nya, namun soal produktivitas telur gurame bastar terbilang rendah bila dibandingkan gurame soang. Sekali memijah gurame bastar hanya mampu menghasilkan sekitar 4000 - 4500 butir telur/ekor nya.

6. Gurame Blue Safir 

Jenis gurame yang satu ini memiliki warna merah muda dan cerah, hampir sama pada umumnya dengan ikan jenis gurame lainnya.


Panjang gurame ini hanya 35 cm dengan berat maksimal 2 kg, namun kemampuan bertelur lebih baik bila dibandingkan gurame paris. Sekali pemijahan gurame blue safir mampu mencapai 4000-5000 butir telur/ekornya.

7. Gurame Paris 

Satu lagi jenis gurame yang harus kamu ketahui ialah gurame paris. Gurame ini berwarna merah muda cerah namun kepala nya berwarna putih dengan bintik-bintik hitam disekujur bagian tubuhnya.


Gurame paris memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis gurame lainnya, beratmaksimal hanya 1.5 kg. 

Selain dikonsumsi jenis gurami paris juga banyak dijadikan ikan hias bagi penghoby ikan hias. 

Produktivitas telur gurame paris lumayan besar, gurame ini mampu mencapai 5000-6000 butir/ekor.

Sekian dulu sahabat, seputar info mengenai jenis-jenis gurame. Semoga bermanfaat ya..

Terimakasih sudah berkunjung sahabat, Ini ada beberapa info menarik lainnya yang tidak ada ruginya kamu baca.. 

# Hati-Hati Hama Ini Dapat Menyebabkan Kematian Pada Ulat Jerman Bahkan Mengakibatkan Kegagalan Budidaya Ulat Jerman 

# Mau Beternak Bebek? Baca Dulu Tips Memilih Indukan dan DOD yang Benar dan Berkualitas. 

# 9 Jenis Sapi Potong Yang Paling Sering Dibudidayakan. Kita Intip Yuk Berapa Kisaran Harganya. 

# Cara Membuat Pelet Sendiri Sebagai Salah Satu Solusi Menekan Harga Pakan Yang Kian Tinggi. 

# 9 Jenis Penyakit Yang Paling Sering Kita Jumpai Pada Ikan Lele. Kenali Bagaimana Cara Pengendaliannya! 

# Tips Suksess Panen Lele 3 Bulan Dengn Hasil Melimpah!! 

Klik Subscribe dan masukan alamat email jika Ingin Beralngganan artikel Gratis!! 

Jangan lupa share jika sahabat merasa artikel ini bermanfaat. Saling berbagi itu indah :)

7 Responses to "Dari 7 Jenis-Jenis Ikan Gurame Ini. Gurame Mana Yang Ingin Kamu Budidayakan??"

  1. Trimakasih infonya gan, bagusan gurame soang aoa porselen ya?

    BalasHapus
  2. Sama saja gan. Sama2 laku keras dinpasaran. Hehe

    BalasHapus
  3. Ane lg nyoba ternak gurame soang, lebaran nanti mudah2 bisa 1 kg perekor.amin

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya gan, aku mau coba memijahkan gurami paris, umur,atau berat berapa baru bis dipijahkan, knp sudah 2 tahun dipelihara dlm bak beton belum mencapai bobot 1 kg tksh

    BalasHapus
  5. Gurame padang cepat mati ya ternyata padahal udah dikasih tananman apung plus aerator juga kalo gurame soang kuat gak ya...

    BalasHapus
  6. ikan gurame saya ndak mau makan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diberi penambah nafsu makan pak atau jamu jamuan

      Hapus

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!