MENGUPAS LEBIH TUNTAS PENYEBAB DAUN TANAMAN CABE MENGUNING DAN RONTOK BESERTA CARA MENGATASINYA !!

Talitakum Indonesia ~ MENGUPAS LEBIH TUNTAS PENYEBAB DAUN TANAMAN CABE MENGUNING DAN RONTOK YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS GEMINI BESERTA CARA MENGATASINYA !! Penyebab tanaman cabe menguning sebelumnya sudah pernah saya bahas sekilas pada tulisan saya terdahulu yaitu 8 penyakit yang paling sering menyerang tanaman cabe beserta pengendaliannya! Khusus pada artikel ini saya ingin membantu sahabat Talitakum mengupas lebih tuntas penyebab tanaman cabe menguning beserta cara mengatasinya dengan tepat!

Sebelumnya sahabat perlu mengetahui daun tanaman cabe menguning dapat disebabkan beberapa faktor antara lain ialah serangan hama kutu kebul dan kutu daun, hama ini bertindak sebagai vektor atau sering juga disebut pembawa "penyakit" yaitu berupa virus yang ditularkan pada tanaman melalui alat mulut nya. Dalam hal ini virus yang menyebabkan daun menguning ialah virus gemini atau biasa disebut CMV (cucumber mozaik virus).


Tanaman Cabe Yang Terserang Virus Gemini atau Virus Kuning

Kutu kebul atau kutu daun yang menghisap cairan dari tanaman yang terserang virus gemini akan membawa vektor virus tersebut didalam tubuh nya dan sebahagian virus juga akan menempel pada bagian tubuh kutu kebul tersebut. Itu sebabnya jika tanaman cabe yang masih sehat diserang hama kutu kebul atau kutu daun maka virus yang menempel pada tubuh kutu tadi akan menempel pada tanaman cabe dan masuk kedalam jaringan sel tanaman cabe melalui "luka" yang ditimbulkan akibat gigitan hama kutu tersebut. 

Selain itu virus juga bisa masuk kedalam sel tanaman melalui alat hisap pada mulut kutu kebul karena virus juga menempel pada bagian mulut kutu. Jadi ada dua jalannya virus bisa masuk kedalam sel tanaman, pertama melalui alat hisap mulut dan yang kedua melalui bagian tubuh (kaki) pada kutu kebul.

Faktor lain penyebab tanaman cabe menguning ialah kekurangan nutrisi atau unsur hara. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan tanaman kerdil dan menguning, namun jika penyebabnya kekurangan nutrisi sahabat dapat mengatasinya dengan cara menambah unsur hara dengan memberikan pupuk pada tanaman cabe secara teratur sesuai dengan jadwal pemupukan, sahabat juga harus teratur menyiram tanaman cabe agar kebutuhan air tercukupi dengan baik.

Saya lanjutkan kembali sahabat!! Biasanya tanaman yang terserang virus kuning atau gemini CMV sulit untuk disembuhkan, jika serangan virus masih baru kemungkinan untuk diobati masih bisa itu sebanya harus segera ditangani dengan pemberian obat namun jika serangan sudah berat saya sarankan lebih baik dicabut dan dibakar saja! Karena dapat dipastikan tanaman cabe tidak akan dapat berproduksi dengan maksimal.

Sejauh ini belum ada pestisida yang benar-benar ampuh mengendalikan penyakit yang satu ini, cara yang paling efektif yang dapat dilakukan adalah dengan mencegah agar serangan virus tidak menyerang tanaman. Untuk mencegah hal itu terjadi maka hama kutu kebul yang menjadi vektor pembawa virus harus dibasmi agar tidak menularkan penyakit.

Untuk gejala serangan virus gemini pada tanaman cabe dan bagaimana cara mengendalikannya sahabat boleh mampir ke artikel saya tadi "penyakit pada tanaman cabe dan cara mengendalikannya" Baca yang no 8! Disana saya sudah jelaskan bagaimana gejala serangan virus gemini mulai dari akar, daun dan batang tanaman beserta cara mengatasi agar tanaman cabe tidak terserang oleh virus gemini.

Sedikit mau saya tambahkan berikut adalah varietas cabai yang tahan terhadap serangan virus gemini CK Sumatera, Lembang-1, Tit Super, dan TM 99.

Salah satu cara untuk mengendalikan kutu kebul sahabat bisa gunakan perangkap. Perangkap dibuat dengan cara mengolesi kertas dengan lem (gunakan kertas berwarna terang seperti kuning dan milenium, lebih baik lagi jika di dekat perangkap dibuat lampu gunanya agar kutu menempel pada kertas tersebut, karena sejatinya kutu kebul dan kutu daun suka dengan warna cerah. 

Penggunaan pestisida nabati secara rutin juga bisa mencegah kutu kebul atau kutu daun menempel pada tanaman. Silahkan baca "7 tanaman ini dapat dijadikan pestisida nabati. Soal kualitas jangan diragukan lagi karena sudah banyak dijadikan skripsi dan referensi Jurnal" 

Demikianlah seputar informasi yang bisa saya bagikan bagi sahabat mengenai penyebab daun cabe menguning dan cara mengatasinya, jika ada yang kurang jelas monggo bertanya dikolom komentar.

Silahkan baca beberapa artikel terbaik yang kami punya! 

~ Penyebab daun cabe keriting dan mengkerut beserta cara penagannya. 

~ 8 Jenis hama yang paling merugikan tanaman cabe. 

~ 6 Daun yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit pada ikan. 

~ Penyakit yang paling sering ditemukan pada ikan gurame beserta cara mengobati nya. 

~ Berikut adalah jenis tanaman yang paling sering dijadikan bonsai. 

Jika sahabat merasa artikel ini bermanfaat, bantu saya share agar lebih banyak petani cabai/teman lainnya mengetahui info ini. Klik share pada bagian bawah atau bagikan pada bagian atas. 

Jika sahabat tidak mau ketinggalan info menarik lainnya, sahabat boleh subscribe dan masukan email, jangan lupa dikonfirmasi! Kami akan kirim artikel GRATIS bagi kamu! 

0 Response to "MENGUPAS LEBIH TUNTAS PENYEBAB DAUN TANAMAN CABE MENGUNING DAN RONTOK BESERTA CARA MENGATASINYA !! "

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!