Mengenal Sistem Hidroponik Beserta Cara Kerja nya!!

Talitakum Indonesia ~ Mengenal Sistem Hidroponik Beserta Cara Kerja nya - Tidak dapat dipungkiri pertumbuhan penduduk yang kiat pesat memaksa sebahagian banyak lahan pertanian beralih menjadi pemukiman yang mengakibatkan menyempitnya lahan untuk bertani/bercocoktanam. 

Terkhususnya lagi bagi daerah-daerah perkotaan yang ingin bercocok tanam, namun tidak memiliki lahan pertanian yang luas, maka bercocok tanam dengan cara HIDROPONIK dapat menjadi jawaban nya!! 

Sebenarnya teknik bertanam dengan hidroponik sudah cukup lama dikenal dan kian berkembang! Cara bertanam hidroponik dapat dilakukan dilahan yg minim baik untuk sekedar hobbi (hasilnya dikonsumsi sendiri) maupun untuk skala bisnis. 

Perlu sahabat ketahui bertanam dengan cara hidroponik dapat dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan, karena hasil tanaman/sayuran hidroponik memiliki kualitas premium dan harganya juga cukup menggiurkan, selain itu buah/sayuran yang dihasilkan juga jauh lebih bergizi dan segar. 

Jika sahabat tertarik ingin budidaya sayuran/buah secara hidroponik, kami UD. Talitakum Indonesia menyediakan berbagai kebutuhan bertanam Hidroponik. Sahabat boleh datang langsung ke toko kami, atau pemesanan via Online. 
Info lebih lanjut hubungi HP/WA 085262342852 

Kami UD Talitakum merupakan toko yang terpercaya dan sudah terbiasa melakukan pengiriman antar kota, pulau dan provinsi. Toko kami berada di Jl. Lantasan Lama Patumbak - Talun Kenas, Desa Sigara-Gara Patumbak. 3 Menit dari Kantor Camat Patumbak. Pinggir jalan besar ya.. 

Baiklah itu tadi sekedar promo ya lur,, hehehee hehehe 
Ayok kita lanjut lagi!! 

Pengertian Hidroponik adalah Hidro yang berarti Air dan ponos berarti Daya. Dalam dunia pertanian hidroponik dikenal dengan istilah bertanam hanya menggunakan air tanpa tanah. Inti dari bertanam hidroponik ada pada air, air yang menjadi sumber kehidupan bagi tanaman untuk berkembang dan bertumbuh. 

Berikut Ini Jenis-Jenis Dan Sistem Cara Kerja Hidroponik. 

1. Wick System 

Bagi sahabat pemula yang ingin belajar hidroponik, wick system dapat dijadikan batu loncatan sebelum mengenal jenis hidroponik lainnya. Alasannya sederhana karena pada sistem ini tidak memerlukan biaya yang cukup besar, alat dan media cukup mudah didapat dan cara nya sangat mudah dikerjakan. 

#Cara Bertanam Hidroponik Wick System! 

Siapkan ALat-alat seperti : cup dan botol air mineral bekas,  yang  1.5 liter, Kain flanel, jika tidak ada dapat diganti sumbu kompor, larutan nutrisi, air secukupnya. 

Botol dilubangi menjadi 3 lubang, isi air mineral, setelah itu, masukkan cup aqu* kedalam botol yg dilubangi tadi. Isi cup dengan media tanam seperti (rockwoll, cocopet, kascing/kotorn cacing), setelah itu masukkan bibit tanaman yang telah disemai telebih dahulu. Baiknya bibit yang hendak dipindahkan sudah berdaun/bercabang 3. 


Sumber : Talitakumindonesia.blogspot.com

Setelah itu lakukan perawatan rutin dengan cara memeriksa apakah larutan nutrisi masih tercukupi atau sudah berkurang. 

2. Nutrient Fil Technique System (NFT) 

NFT system juga termasuk kedalam kategori hidroponik yang banyak dilakukan, tehknik nya cukup sederhana dan bisa dilakukan untuk skala bisnis. 

cara kerja NFT system ialah akar tanaman dibiarkan berada diatas talang/paralon, lalu larutan nutrisi dialirkan ke dalam talang/paralon secara terus menerus dengan menggunakan pompa. Air dialirkan dari bak/ember penampungan yang berisi larutan nutrisi. 


Sumber Hidroponik.name

Perlu diperhatikan talang/pipa paalon yang digunakan dapat disusun secara horizontal/vertikal dengan keadaan miring, tujuannya agar air jatuh kembali menuju bak penampungan. 

3. DFT System 

Deep Flow Technique System cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan NFT. Pada sistem ini tanaman menggantung diatas permukaan paralon sekitar 4-6 cm (Tidak sampai menyentuh dasar paralon seperti sistem NFT). DFT juga dikenal dengan sistem pasang surut.


Sumber : Guyuptaniblogspot.com

Pada sistem ini paralon tidak dibuat miring, air didalam paralon dibiarkan setinggi 4-6 cm, setelah air mencapai ketinggian 6 cm (pasang), timer akan mati dan larutan nutrisi akan berkurang sedikit demi sedikit (surut), air dikembali ke bak penampungan, apabila air pada paralon sudah habis timer akan otomatis hidup kembali dan air dialirkan dengan pompa dari bak penampungan kedalam pipa paralon. 

4. Hidroponik Sistem Rakit Apung 

Sistem ini juga banyak dikembangkan tetapi khusus hanya untuk tanaman sayur daun seperti selada, sawi, kangkung, pakcoy, dll. 

Cara kerja sistem rakit apung, hampir mirip dengan DFT perbedaannya sistem rakit apung air tetap tergenang dengan ketinggian 6-10 cm pada media. 

cara merakit sistem Rakit Apung 


Sumber gbr : Benihpertiwi.id

Siapkan bak plastik besar ukuran 60 x 30 tinggi 20 cm, pada bagian penutup menggunakan serofom agar mengapung. Lubangi sterofom sesuai dengan keperluan, lalu masukkan net pot yang sudah berisi bibit tanaman.  Jangan lupa bak pada ketinggian 18 cm diberikan lubang untuk jalan keluar air kedalam bak penampungan, nantinya air yang dari bak penampungan ini dialirkan lagi kedalam box plastik tadi dengan menggunakan pompa. Untuk skala besar kamu dapat menggunakan terpal atau banner. 

5. Drip System 

Drips System dikenal dengan sistem tetes, cara kerjanya cukup sederhana. Ketika timer dihidupkan maka air akan dialirkan kedalam tanaman dalam bentuk tetesan sampai media tanam benar-benar basah/lembab, lalu sisah air tersebut kembali dialirkan kedalam bak penampungan yang berisi larutan nutrisi. 



Air yang dialirkan tadi berasal dari bak penampungan yang bersisi larutan nutrisi, dialirkan ke tanaman dengan menggunakan pompa. Sistem ini sangat cocok untuk tanaman sayur buah seperti tomat, brokoli, cabe, koll, dll. 

Cukup sekian info yang bisa saya bagikan buat sahabat. Sebenarnya ada beberapa system lagi namun tidak saya muat karena tergolong cukup sulit dan menggunakan biaya yang cukup besar. Ini saja sahabat kuasai udah mantab! 

Jika sahabat membutuhkan perlengkapan hidroponik bisa hubungi saya 085262342852 atau datang ke toko saya langsung. Kami juga menyediakan "Paket Hidroponik Pemula" dengan harga yang cukup terjangkau. 

Kami Juga Menjual keperluan pertanian lainnya seperti : 

~ Pupuk Organik     ~ Pupuk Kascing     ~ Pestisida     ~ Herbisida     ~ Berbagai Jenis EM4     ~ Ulat Jerman      ~ DLL 

Silahkan klik untuk melihat harga dan penawarannya! Info lebih lanjut hubungi No yang tertera.. 

Salam..

0 Response to "Mengenal Sistem Hidroponik Beserta Cara Kerja nya!!"

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!