CARA MENANAM SAYUR HIDROPONIK MULAI DARI PRA SEMAI SAMPAI PANEN

CARA MENANAM SAYUR HIDROPONIK TAHAP DEMI TAHAP DARI PRA SEMAI SAMPAI PANEN BY : Talitakum Hidroponik Medan 


Halo semua sahabat Talitakum Hidroponik Medan pada
kesempatan kali ini saya mau berbagi cara dan pengalaman bertanam sayuran hidroponik buat sahabat-sahabat sekalian. So teman-teman perhatiin ya agar nantinya berhasil menanam sayuran hidroponik!!


Dalam bertanam sayuran hidroponik saya membagi nya dalam beberapa tahapan. Mulai dari tahap Pra semai, Penyemaian kedalam rock wool, penjemuran bibit sebelum dipindah ke instalasi, perawatan harian sampai tahapan panen. Langsung saja ya cussss kita mulai!!

1. Tahapan Pra Semai Bibit 


# Sediakan Kanebo atau kain flannel yang sudah dibasahi dengan air.

# Semai bibit diatas kain flannel yg sudah dibasahi tadi 

# Simpan ditempat yang gelap, dan biarkan sampai spourt (seperti gambar diatas). Bibit spourt / muncul kecambah berbeda-beda waktu, biasanya dimulai dari 24 jam – 48 jam tergantung jenis bibit nya.


2. Tahap Penyemaian Kedalam Rockwool



# Potong rockwool membentuk dadu dengan ukuran 2 cm x 2 cm seperti gambar 1.

# Basahi Rockwool dengan air sampai lelmbab, lalu lubangi! 1 lubang dadu 1 tanaman untuk jenis tanaman pakchoy, selada, sawi sedangkan untuk kangkung dan bayam bias 4-5 butir.

# Ambil benih yang sudah berkecambah tadi, lalu letakan diatas rockwool yang sudah dilubangi. Benih yang belum berkembah disimpan tunggu hingga berkecambah

# Setelah benih diletakan diatas lubang langsung dijemur di sinar matahari. Dari jam 8 pagi hingga 5 sore selama 8-10 hari sampai tanaman berdaun 4!

NB:

1. Jangan telat menjemur agar benih tidak kutilang

2. Benih jangan ditekan masuk kedalam lubang, kemungkinan tumbuh kecil akibat terhimpit. Letakkan saja diatas lubang dengan bagian akar menghadap kedalam lubang.

3. Usahakan rockwool selalu lembab saat menjemur, jangan sampai kering atau becek agar benih tumbuh dengan baik.

3. Pemindahan Kedalam Instalasi + Perawatan Harian Hingga Panen


# Setelah benih berdaun 4 siap dipindahkan kedalam netpot dan dimasukan kedalam instalasi hidroponik yang sudah dirakit sebelum nya. 1 rockwool 1 bibit 1 netpot.

# Pada saat benih dimasukan kedalam netpot, disini kita sudah mulai memberikan nutrisi AB-Mix kedalam sumber air utama (bak nutrisi). Kadar pemberian nutrisi desesuaikan dengan umur tanaman, satuan dari nutrisi kita pakai PPM (Part Per Million).

# Pemberian nutrisi diberikan secara berkala artinya dalam setiap minggu naik 200 PPM. Semakin tinggi umur tanaman maka pemberian nutrisi juga semakin meningkat.

# Nutrisi atau AB-MIX diberikan sebanding, artinya jika kita masukan nutrisi A sebanyak 100 ml, maka nutrisi B juga harus 100 ml. 1:1

# Pemberian nutrisi kedalam bak atau tendon air sebaiknya sedikit demi sedikit jangan semua langsung dimasukan kedalam bak nutrisi karena akan terjadi pemborosan dan kenaikan ppm yang tinggi.

Contoh Ilustrasi Pemberian Nutrisi : Tanaman di umur minggu 1 membutuhkan ppm 500

Pertama : Masukan air kedalam bak nutrisi (banyak nya air disesuaikan kapasitas bak nutrisi) dalam ilustrasi ini saya menggunakan bak 50 Liter. Setelah bak penuh UKUR TERLEBIH DAHULU PPM air nya!! Tujuan nya agar kita mengetahui PPM air dia AWAL sebelum pemberian nutrusi. Ini menjadi penting karena nanti PPM awal ini tidak dipakai atau DIABAIKAN. Dalam contoh ilustrasi ini saya dapati PPM Awal 125

Kedua :Masukan Nutrsi A sebanyak 50 Ml kedalam bak nutrisi lalu aduk

Ketiga : Masukan Nutrisi B sebanyak 50 Ml kedalam bak nutrisi lalu aduk.

Keempat : Ukur Bak Nutrisi Hingga PPM nya menjadi 500 + 125 = 625 Tadi sudah saya beritahu PPM awal 125 sedangkan yang dibutuhkan di minggu pertama 500 jadi PPM total yang dibutuhkan 625. Jadi kita ukur nutrisi hingga mencapai angka 625.

Jika nutrisi yang diberikan sudah mencapai angka 625 PPM hentikan pemberian nutrisi, namun jika belum beri lagi nutrisi A 20 Ml dan B 20 Ml. lalu ukur kembali! INTINYA dalam pemberian nutrisi sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan hingga mencapai PPM yang di targetkan.

Minggu kedua PPM meningkat menjadi 625 + 200 = 825 PPM

Jadi pada minggu kedua ukur atau set nutrsi menjadi 825 PPM. Cara pemberiannya sama dengan cara yang saya jelaskan diatas tadi. Begitulah seterus nya hingga panen minggu ke 4.



NB : Angka 125 merupakan ppm awal sebelum pemberian nutrisi kedalam bak, angka itu bias saja berubah-ubah sesuai dengan air yang sahabat pakai.

Demikianlah cara bertanam hidroponik oleh Talitakum Hidroponik Medan. Semoga bermanfaat!! Bagi sahabat-sahabat yang sedang mencari bahan-bahan dan perlatan hidroponik bisa menghubungi HP/Wa 085262342852 Follow juga Instagram kami @Talitakum Hidroponik Medan . 


Regards_ Gaberiel Pandiangan SP
HP/wa 085262342852
IG : Talitakum Hidroponik Medan

0 Response to "CARA MENANAM SAYUR HIDROPONIK MULAI DARI PRA SEMAI SAMPAI PANEN"

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!