6 Daun Yang Diyakini Mampu Dapat Mencegah Dan Mengobati Penyakit Pada Ikan || Rasakan Manfaat Setelah Mencobanya!

Talitakum Indonesia~6 Daun Yang Diyakini Mampu Dapat Mencegah Dan Mengobati Penyakit Pada Ikan || Rasakan Manfaat Setelah Mencobanya! Berbicara budidaya ikan memang tidak pernah ada mati nya. Seiring berkembangnya pertumbuhan penduduk indonesia mendorong kebutuhan akan ikan semakin meningkat dan menjadikan budidaya ikan menjadi suatu peluang usaha yang cukup menjanjikkan.

Namun.....

Banyak pembudidaya ikan pemula terpakasa harus gulung tikar karena berbagai kendala mulai dari pemodalan yang kurang, dan minimnya pengetahuan mengenai bagaimana cara membudidayakan ikan dengan baik.

Salah satu kendala yang dapat dikatakan "PASTI" dialami pembudiaya ikan ialah serangan hama dan penyakit. Namun pada tulisan kali ini saya ingin fokus dulu membantu sahabat menangani serangan penyakit pada ikan.

Penyakit memang menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi pembudidaya ikan, banyak pembudidaya pemula gagal dan bahkan menyerah menangani penyakit yang sering kali muncul bahkan silih berganti menyerang ikan. Lebih sialnya lagi penyakit ini menyerang ikan mulai dari fase telur, benih sampai indukan.

Tidak sedikit juga akibat dari serangan penyakit pembudidaya mengalami kerugian akibat dari kematian benih, penurunan produksi telur, dan penurunan kualitas ikan siap panen. 

Pada postingan terdahulu saya sudah pernah menulis sebuah artikel mengenai penyakit pada ikan gurame beserta pengendaliannya dan beberapa penyakit yang menyerang ikan lele lengkap dengan gejala dan pengobatannya.

Disetiap tulisan saya selalu mengarahkan sahabat untuk mengedalikan berbagai penyakit pada ikan dan tanaman dengan menggunakan bahan-bahan nabati/alami tujuannya agar kedepan pertanian dan peternakan indonesia bisa terbebas dari bahan kimia demi mewujudkan kehidupan yang lebih sehat.

Berikut ini adalah daftar daun tanaman yang boleh sahabat Talitakum Indonesia gunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit pada ikan....

1. Daun Ketapang 


Sumber : Banyudadi.com
Daun ini memiliki senyawa kimia tanin yang bersifat astrigen. Dari beberapa pengalaman praktisi pembudiaya ikan daun ketapang ampuh mengobati ikan yang terkena serangan jamur, ikan yang lemas dan mengambang pada permukaan air.

Daun ketapang juga sangat baik diberikan pada ikan yang sehat guna menjaga kualitas air, selain itu daun ketapang juga sangat baik diberikan pada saat musim hujan karena pada saat inilah ikan rentan terkena serangan jamur.

Sebelum diaplikasikan kedalam kolam sebaiknya ambil daun yang sudah tua atau biasa daun yang berguguran. Kemudian dijemur sampai benar-benar kering, setelah itu dapat diaplikasikan kedalam kolam. Sahabat dapat memasukkan 5 lembar daun/1m3

2. Daun Johar 


Daun Johar Koleksinya : http://stiforpindon.blogspot.co.id
Ada yang sudah pernah mendengar daun johar? Memang daun ini belum terlalu populer di kalangan pembudiaya ikan, namun siapa sangka daun ini juga diyakini efektif mencegah dan mengobati penyakit pada ikan.

Dari beberapa tulisan yang pernah saya baca dan beberapa pengalaman pembudidaya ikan mengatakan daun johar sangat baik diberikan pada ikan gurami yang terserang penyakit mata belo dan jamuran.

Pemberian daun ini sangat sederhana sahabat boleh langsung memberikan pada kolam dengan dosis 10 helai daun/m3. 

3. Daun Pepaya 

Daun pepaya memiliki senyawa kimia alkaloid, flavonoid dan saponin yang terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh pada ikan, menjaga kualitas air terutama pada saat cuaca tidak stabil, dan getah daun pepaya diyakini dapat mengobati penyakit ikan yang disebabkan jamur dan bakteri. 

Selain itu Pemberian daun pepaya secara teratur pada ikan dapat merangsang percepatan ikan betina matang gonad. Pada ikan herbivora seperti gurame dan nila daun pepaya berguna meningkatkan daya tahan tubuh ikan sehingga ikan lebih tahan terhadap serangan penyakit. 

Sahabat boleh memberikan daun pepaya 2 lembar/m3 kolam dan dapat diberikan langsung.

4. Daun Babandotan 


Sumber : https://talitakumindonesia.blogspot.co.id/2016/11/tahukah-kamu-7-jenis-tanaman-ini-dapat.html
Babandotan merupakan tanaman liar bahkan dapat dikategorikan sebagai gulma pada tanaman, namun sahabat jangan anggap remeh dengan daun yang satu ini.

Daun babandotan memiliki senyawa kimia berupa polifenol, saponin, flavonoid dan minyak astiri yang berfungsi sebagai anti bakteri sekaligus membunuh bakteri pada ikan. Selain itu daun babandotan banyak digunakan untuk menjaga agar ikan tidak gampang stress terutama pada saat ikan mengalami perjalanan yang cukup jauh dan tempat tinggal yang baru.

Sahabat dapat memberikan daun babandotan dengan cara 200 gr daun babadotan diremas-remas dan dimasukkan kedalam jerigen pada saat pengiriman, begitu juga pada saat akan memasukan ikan kedalam kolam baru sebaiknya sahabat memberikan daun babandotan terlebih dahulu pada kolam agar ikan tidak stress dan ikan lebih cepat menyesuaikan diri dengan kolam baru nya. 

5. Daun Kamboja 


Sumber : http://caratanam.com/bunga-kamboja/
Getah pada daun kamboja mengandung alkalaoid yang dapat mengobati ikan korengan akibat serangan jamur. Tidak hanya pada daun ternyata batang tanaman kamboja memiliki getah yang tidak kalah efektif menegndalikan penyakit jamur dan korengan pada ikan.

Sahabat dapat memberikan pada kolam ikan yang terserang jamur dengan dosis 1oo gr/m3 kolam ikan. Daun sebaiknya dicincang halus terlebih dahulu sebelum diberikan pada kolam. 

6. Daun Kipahit 


Daun Kipahit
Sumber : Pertanianku.com
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai Riset Budidaya Ikan Air Tawar Bogor menyimpulkan bahwa ekstrak daun kipahit dengan dosis 10.000 mg/l air dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium fortuitum dan dengan dosis yang sama dengan perendaman selama 3 jam dapat mengobati penyakit mycobacteriosis pada ikan lele. 

7. Daun Mengkudu 

Mengkudu merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, tidak hanya pada manusia saja ternyata kandungan senyawa kimia pada tanaman mengkudu juga baik digunakan untuk mengobati berbagai penyakit pada ikan.

Salah satu penyakit yang dapat diobati ialah penyakit herpes pada ikan lele, penyakit ini tergolong penyakit yang sulit dikendalikan namun dengan pemberian mengkudu pada kolam lele secara teratur dapat mencegah penyakit ini berkembang pada kolam dan ikan.

Untuk menjaga kualitas kolam dan meningkatkan daya tahan tubuh serta menambah nafsu makan ikan sahabat boleh menggunakan perasan daun atau buah mengkudu yang dapat diberikan langsung pada kolam maupun dicampurkan kedalam pakan.

Cara pengaplikasiannya ialah dengan blender 500 gr buah atau daun mengkudu lalu diberi 1/2 liter air. Air hasil blender tadi diberikan pada kolam ikan atau dicampurkan dengan 1 kg pakan. 

7. Daun Bawang Putih 


Sumber : http://ragambudidaya.blogspot.co.id/2013/03/budidaya-bawang-putih-bag-2.html
Satu lagi bumbu dapur yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit pada ikan ialah daun bawang putih. 

Daun bawang putih dapat mengobati penyakit jamur pada kulit dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh pada ikan. Cara pengaplikasian sahabat blender atau remas daun bawang putih sebanyak 100 mg dengan 1/2 l air dan dapat langsung diberikan pada kolam dengan ukuran 1/2 l/m3 kolam atau juga dapat dicampurkan kedalam 1kg pakan pelet. 

Sedikit Catatan Kecil : 

Untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan sahabat boleh mengkombinasikan beberapa daun yang saya sebutkan diatas tadi. Tenang saja tidak ada efek samping pada ikan itulah salah satu kelebihan jikalau kita menggunakan bahan-bahan alami, sangat berbeda jika menggunakan obat-obatan kimia yang harus dengan teliti membaca aturan pakai, salah sedikit pemakaian ikan bisa mati.

Bahan-bahan yang saya sebutkan diatas dapat mencegah penyakit berkembang dan tumbuh pada kolam ikan melalui kandungan senyawa kimia yang dimiliki, sebaiknya sahabat rutin memberikan bahan-bahan tersebut kedalam kolam dengan selang waktu 1 minggu rutin diberikan dan 1 minggu lagi disetop lalu dilanjut lagi 1 minggu diberikan dan 1 minggu lagi disetop, begitulah seterusnya.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi sahabat Talitakum Indonesia Sekalian. 

Eiii eiiiii Tunggu Sebentar Sahabat, Sebelum pergi Jangan Lupa Baca beberapa Artikel Menarik Lainnya yang Dapat Menambah Wawasan kamu... !! 

1. Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Menggunakan Kolam Terpal, Beton, Dan Semen. 

2. Perhatikan Baik-Baik Begini Cara Menambal Kolam Terpal Yang Bocor Dengan Benar! 

3. Jangan Lakukan 13 Kesalahan Ini Kalau Tidak Mau Budidaya Lele Anda Gagal Total Bahkan Merugi!! 

4. Mau Beternak Bebek?? Baca Dulu Tips Memilih Anakan dan Indukan DOD yang Baik dan Berkualitas Ini. 

5. Jenis Sapi Perah Unggulan Dengan Kualitas dan Produksi Susu Terbaik. 

6. Ramuan Herbal Organik Yang Terbukti Ampuh Menambah Daya Tahan Tubuh Unggas Anda! Begini Cara Meraciknya. 

Terimkasih Sudah Berkunjung Sahabat!! Salam suksess buat kalian semua...

Suka dengan Artikel kami dan Tidak mau ketinggalan info menarik lainnya?? Sahabat boleh subscribe dan masukan alamat email. Kami kan kirim artikel gratis via e-mail GRATIS kok!! 

Bantu saya share artikel ini jika dirasakan bermanfaat ya. Saling membantu dan berbagi itu ga rugi kok.. hehe

34 Responses to "6 Daun Yang Diyakini Mampu Dapat Mencegah Dan Mengobati Penyakit Pada Ikan || Rasakan Manfaat Setelah Mencobanya!"

  1. Makasih banget atas info nya....!!

    BalasHapus
  2. Lagi saya coba smoga berhasil. Ikannya jd sehat. Trims !

    BalasHapus
  3. Matur nuhun mudah mudahan berkah

    BalasHapus
  4. Sudah saya coba untuk ikan lele memang bagus👍👍👍

    BalasHapus
  5. Untuk ikan nila supaya menambah nafsu makan ikan nila bisa ga bos?

    BalasHapus
  6. Kalo untuk ikan patin bagai mana bos?

    BalasHapus
  7. Kalau untuk ikan gurami yg mogok makan bisa ngak mas .Sebelumnya terima kasih infonya yg sangat bermanfaat bagi kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas..
      Itu untuk semua ikan budidaya. Semoga bermanfaat ☺

      Hapus
  8. Kalo untuk ikan gabus dan sepat apa bisa mas.terimaksih

    BalasHapus
  9. Saya pemula memelihara ikan gurami selain untuk hobby juga untuk menambah pendapatan keluarga, tapi sampai sekarang masih min terus, adakah sahabat di yang mau bantu saya, terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dijelaskan kendala nya apa saja, biar admin bisa bantu THX

      Hapus
  10. Mksh infonya bng. Ni sy bru prtm bdidykn gurmh, bru skitr 1mnggu tp yg mti udh 14, dn ad jg yg 40ekor. Mga infonya mjarab bgi klompok sy bng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga berhasil! dan jadikan kesalahan sebagai pelajaran!!

      Hapus
  11. Mohon info nya pak, kalo untuk ikan hias apakah sama fungsinya?
    Atau dosisnya harus dikurangi?
    Saya budidaya ikan hias rainbow.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  12. Teorinya sudah jelas, tinggal di praktekan.

    BalasHapus
  13. Ikan patin saya pada gak mau makan, apakah mengkudu cocok ya mas untuk mengobatinya?

    BalasHapus
  14. Sudan saya Coba pda ikan gurami tapi masih tidak berhasil

    BalasHapus
  15. Untuk benih ikan gurami yg baru beli(kondisi sehat) setelah satu minggu dikolam baru timbul jamur dan banyak yg mati. Sulusinya gimana gan

    BalasHapus
  16. Kalau ikan gurami padang saling menyundul nyudul itu knapa ya ikan nya?

    BalasHapus
  17. Bang kalo untuk ikan mas yang terkena jamur bisa ga daun pepaya ?

    BalasHapus
  18. Bang untuk ikan gabus kalo pakai daun kamboja itu yg msh baaah apa yg udah kering yg lbh bagus

    BalasHapus
  19. Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??
    Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..
    Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
    Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

    Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  20. Terimakasih infonya.. mau saya praktekin Do'a nya Mas Saya sedang belajar budidaya ikan Gurame

    BalasHapus
  21. Saya mau nanya solusinya ikan gurame jamuran dan caranya mengobatinya makasih

    BalasHapus
  22. Untuk ikan lele apakah sama?

    BalasHapus
  23. Makasi atas ilmunya gan, kebetulan bibit ikan gurame sy lagi sakit, banyak luka,moga ilmu ini bisa membantu sy mengatasi penyakit ikan gurame sy,.

    BalasHapus
  24. Makasi atas ilmunya gan, kebetulan bibit ikan gurame sy lagi sakit, banyak luka,moga ilmu ini bisa membantu sy mengatasi penyakit ikan gurame sy,.

    BalasHapus
  25. Terima kasih bos.
    Saya minta ijin mempraktekannya bos, sya suka budidaya ikan jadi ada artikel ini rasanya wah ingin langsung mencobanya.
    Sekalih lagi terima kasih mas talitakumindonesia

    BalasHapus

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!