CARA MENANAM HIDROPONIK WICK SISTEM ATAU SISTEM SUMBU

CARA MENANAM HIDROPONIK WICK SISTEM ATAU SISTEM SUMBU UNTUK PEMULA 

Selamat datang kembali sahabat-sahabat ku di Talitakum Indonesia pada kesempatan ini saya mau mengajak teman-teman bertanam hidroponik, khususnya bagi pemula yang penasaran bagaimana cara bertanam sayuran ala "hidroponik" 

Cara bertanam hidroponik cukup menyenangkan sahabat, karena kita tidak perlu repot-repot mencangkul dan "kotor-kotor" an dengan tanah, meskipun berani kotor itu kata nya baik, hehehee.
Selain itu bertanam hidroponik ini sangat cocok sahabat kembangkan di perkotaan meskipun lahan terbatas tapi menginginkan sayuran sehat, segar dan bebas pestisida. 

Nah bagi teman yang penasaran bagaimana tahapan berhidroponik langsung saja sahabat sediakan catatan kecil atau mampir lagi ke link ini juga boleh kok :) 

Perlu sahabat ketahui hidroponik ada banyak jenis nya lho seperti DFT, NFT, rakit apung, irigasi tetes, fertigasi, dutch bucket, wick sistem, dll. Namun bagi sahabat pemula saya sarankan bisa mencoba dari sistem wick dulu karena bahan-bahan nya sangat mudah didapat dan cara kerjanya juga mudah diaplikasikan.

1. wick sistem (sistem sumbu) 

Wick sistem dikenal juga dengan hidroponik sistem sumbu banyak pemula memulai hidroponik dengan sistem ini karena sangat murah dan bahan-bahan yang digunakan dapat memakai barang bekas. 

Biasa nya teman-teman pemula banyak menggunakan botol air mineral bekas yang dibelah dua (bagian bawah dijadikan tempat penyimpanan nutrisi, dan bagian atas tempat tanaman berkembang) atau bisa juga memakai styrofoam nasi sebagai tempat dudukan net pot dan sebagai penampung wada nutrisi ab mix, ada juga yang memakai bak plastik sebagai tempat penampungan nutrisi dan impraboard digunakan sebagai tempat dudukan net pot. 

Namun poin terpenting yang perlu sahabat ketahui cara kerja wick sitem ini ialah "sumbu" yang dipakai untuk menarik air nutrisi keatas. 


sumber gambar hidroponiq.com
Cara Membuat Instalasi wick sistem memakai botol mineral bekas

sumber gambar hidrokit.id

Namun wick sistem memiliki beberapa kekurangan seperti tanaman tumbuh lebih lambat, selain itu ukuran tanaman relatif lebih kecil dibanding sistem lainnya, nutrisi sering menegndap (harus sering diaduk), kadar oksigen pada nutrisi kecil (itu sebabnya jika disiang hari tanaman sering keliatan layu)

*Sedikit catatan jika sahabat memakai botol bekas, usahakan botol yang digunakan di cat terlebih dahulu agar sinar matahari tidak tembus langsung kedalam nutrisi yang dapat menyebabkan nutrisi menjadi lumutan. 

Berikut ini 2 cara menyemai tanaman dengan wick sistem 

1. Semai pada tray semay dengan menggunakan media cocopeat + sekam bakar. Setelah tanaman tumbuh dan berdaun 4 tanaman dimasukkan kedalam kepala tutup air mineral tadi lalu masukan keatas airnutrisi yang telah disediakan sebelum nya. 

Sumber gambar http://eksoticseeds.blogspot.com 

2. Semay dengan menggunakan rocwool. Sebelumnya rockwool dipotong dadu ukuran 2cm x 2 cm, lalu lubangi rockwool lalu siram dengan air agar lelmbab, setelah itu isi rockwool dengan benih yang sahabat inginkan. 1 lubang dadu untuk 1 benih (selada, pakchoy, sawi) 4-5 benih (bayam dan kangkung). Setelah berdaun 4 pindahkan ke instalasi yang sudah ada air nutrisi nya. 

Sumber gambar : ilmubudidaya.com
Demikianlah sahabat informasi yang bisa saya bagikan menegnai Panduan Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula, semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian. Terimakasih sudah mampir dan jika sahabat merasa info ini bermanfaat bantu saya share sebanyak-banyak nya ya agar teman-teman yang lain juga bisa mengetahui info ini. :) :) 

Bagi sahabat-sahabat yang sedang mencari kebutuhan dan perlengkapan hidroponik bisa mampir ke toko kita ketik di google map "toko pertanian talitakum indonesia" kami menjual berbagai keperluan dan perlengkapan hidroponik" Hp/wa 085262342852 Instagram Talitakum Hidroponik Medan

Berikut ini beberapa produk yang kami punya, silahkan klik untuk melihat-lihat siapatahu tertarik :) 





Regards Gaberiel Pandiangan SP_   

0 Response to "CARA MENANAM HIDROPONIK WICK SISTEM ATAU SISTEM SUMBU"

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!