CARA MENANAM SAYURAN HIDROPONIK DI RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAHAN BEKAS ATAU SEDERHANA DAN MUDAH DI DAPATKAN !!

Talitakum Indonesia ~ MENANAM SAYURAN HIDROPONIK DI RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN-BAHAN SEDERHANA DAN MUDAH DI DAPATKAN !! Dewasa ini semakin banyak yang sadar bahwa sayuran yang kita konsumsi setiap hari mengandung pestisida yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita apabila dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang.

Oleh sebab itu menanam sayuran secara hidroponik bisa menjadi salah satu solusi yang bisa teman-teman lakukan. Untuk memulai menanam sayuran hidroponik sahabat bisa menggunakan berbagai bahan sederhana dan mudah didapatkan seperti botol air mineral, sumbu kompor, styrofoam, dll.

Namun di Talitakum Hidroponik Medan sahabat tidak perlu untuk repot mencari bahan-bahan hidroponik, karena Talitakum Hidroponik Medan sudah menyediakan paket pemula yang bisa kamu pesan tanpa harus repot-repot. Selain itu Talitakum Hidroponik Medan juga menyediakan segala keperluan dan perlengkapan yang sahabat butuhkan. 



Berikut ini saya akan mengajarkan teman-teman sekalian cara menanam sayuran hidroponik dengan menggunakan bahan sederhana atau dari bahan yang disediakan oleh Talitakum Hidroponik Medan sahabat tinggal ikuti saja. 

Penyemaian Bibit 
1.Sediakan nampan dulu untuk tempat menyemai. Sebelum bibit disemai rendam dulu dengan air hangat -+ 1 jam. (baiknya menyemai di pagi hari)

2.Potong rocwool berbentuk dadu dengan ukuran 2 cm x 2 cm, basahi rockwool dengan air (jangan sampai becek, cukup lembab saja), 

3. Lubangi rockwool dengan lidi atau tusuk gigi. Masukkan benih tadi kedalam lubang, (tidak usah di tekan). Untuk sayur pakchoy, selada, sawi, kailan, 1 lubang 1 benih, tetapi untuk sayur kangkung dan bayam 1 rockwool bisa 4-5 benih.

4. Tutup nampan dengan plasyik hitam agar cepat spourt atau berkecambah.

5. Setelah berkecambah ditandai dengan ada nya warna putih (calon akar) buka plastik dan jemur bibit dibawah sinar matahari dari pukul 08.00 -17.00. Jika hujan pindahkan bibit agar tidak terendam. 

6. Setelah hari ke 3 bibit sudah mulai berdaun 2 dan sudah bisa diberi nutrisi 3 ml untuk 1 L air.

7. Rawat benih sayur dengan perlakuan yang sama sampai tumbuh daun sejati dan siap dipindahkan ke instalasi.


#Proses Pemindahan Benih Ke Instalasi 

Biasanya mulai hari ke 8 sudah bisa dipindahkan ke instalasi. Namun terlebih dahulu teman-teman masukan benih kedalam netpot yang sudah diberi kain flanel. Dalam hal ini bibit sudah bisa di pindahkan ke bak yang telah dipasang impraboard dan sudah diisi nutrisi.

#Perawatan Sampai Panen 

Setelah benih dipindahkan ke instalasi yang sudah diisi nutrisi, proses selanjutnya perawatan rutin. Proses perawatan rutin tidaklah susah teman-teman hanya perlu memastikan kesediaan air nutrisi pada bak penampung tercukupi dan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Idelanya tanaman memerlukan 8 jam sinar matahari agar dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. 

Tanaman yang kekurangan matahari pertumbuhannya kerdil, daun menguning. Contoh yang paling gampang dilihat pada tanaman kangkung yang tumbuh kurus dan menjalar. 

NB : Takaran nutrisi yang diberikan berbeda-beda, sesuai dengan umur tanaman. 
Umur 3-10 Hst 3 ml A dan 3 ml B untuk 1L air
Umur 11-18 Hst 5ml A dan 5 ml B untuk 1 Liter air
Umur 19- 26 Hst 7 ml A dan 7 ml B Untuk 1 L air
Umur 27-Panen 10 ml A dan 10 ml B Untuk 1 L air

TAPI!!! perlu sahabat ingat takaran diatas hanyalah takaran umum saja, untuk nilai ppm tidak bisa didapatkan angka pasti nya. Untuk mendapatkan angka ppm sesuai dengan keinginan kita diperlukan TDS (alat ukur ppm)

Semoga tulisan saya mengenai MENANAM SAYURAN HIDROPONIK DI RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAHAN SEDERHANA DAN MUDAH DI DAPATKAN !! bermanfaat bagi teman-teman.

Bagi yang sedang mencari peralatan hidroponik bisa pesan dari Instagram kita : Talitakum Hidroponik Medan atau call Hp/Wa 085262342852. Bisa juga datang ke tempat kita alamat nya tulis di google map "Talitakum Hidroponik Medan" dan "Toko Pertanian Talitakum Indonesia"

Ada Artikel Lain nih monggo dibaca dulu sebelum pergi :) 

#Toko Talitakum Hidroponik Medan 

#Jual Perlengkapan dan Peralatan Hidroponik 

#Panduan Menanam Hidroponik Wick Sistem Bagi Pemula 

#Mengenal Sistem dan Cara Kerja Hidroponik 

Terimakasih sudah mampir sahabat-sahabat ku! Saya selaku admin selalu menaggapi setiap komentar yang masuk. 

Regards : Gabriel Bangun Mulia Pandiangan SP 

0 Response to "CARA MENANAM SAYURAN HIDROPONIK DI RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAHAN BEKAS ATAU SEDERHANA DAN MUDAH DI DAPATKAN !!"

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!